Membanggakan! Tim Bumi Siliwangi UPI Juara 3 Asia! - inifptk.com

inifptk.com

Dari FPTK UPI Untuk Bangsa

Membanggakan! Tim Bumi Siliwangi UPI Juara 3 Asia!

Tim Bumi Siliwangi 4 Turangga Cheta EV7 Urban Concept Battery Electric, di bawah bimbingan Sriyono, M.Pd., berhasil mengulang sejarah dengan menjadi juara dalam ajang kompetisi Shell Eco-Marathon Asia 2019 (SEM Asia 2019). Keberhasilan Turangga Cheta EV7 menjadi juara 3 tingkat Asia ini diraih setelah memperoleh capaian 165 km/kwh. Turangga Cheta EV7 berhasil setelah melalui beberapa tahapan technical dan safety inspection yang dilakukan oleh panitia dari PT Shell. Tahapan ini merupakan tahapan yang wajib dilalui oleh seluruh tim sebelum melakukan kegiatan lomba mobil hemat energi di lintasan balap. SEM Asia 2019 dilaksanakan di Sepang International Circuit, Malaysia pada 29 April hingga 2 Mei 2019.

Demikian pernyataan Pembimbing Tim Bumi Siliwangi 4 Turangga Cheta EV7 Urban Concept Battery Electric Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Sriyono, M.Pd., melalui siaran pers-nya, Rabu (1/5/2019). Diungkapkannya,” Kegiatan SEM Asia 2019 ini diikuti oleh lebih dari 100 tim dari 18 negara di Wilayah Asia Pasifik dan Timur Tengah. TBS UPI merupakan dua dari 28 tim mahasiswa dari 22 perguruan tinggi yang mewakili Indonesia. Ada beberapa tim yang tidak lolos dalam tahapan ini, karena ketatnya pemeriksaan dan pengujian yang dilakukan oleh technical team. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini juga masih ada beberapa tim yang tidak bisa mengikuti kegiatan lomba, karena tidak lolos tahapan ini.”

Sejak tiba di Malaysia pada 27 April 2019 lalu, ujarnya, Tim Bumi Siliwangi (TBS) yang diisi para mahasiswa UPI, langsung bekerja keras mempersiapkan mobilnya untuk bisa melalui tahapan-tahapan lomba sebaik-baiknya. Atas rahmat Allah swt, pada 29 April 2019, kedua tim UPI dinyatakan berhasil dan lolos tahapan technical dan safety inspection, ditandai dengan diberikannya 2 buah stiker untuk technical dan safety inspection. Selanjutnya, mobil TBS UPI beradu lomba pada lintasan dengan tim-tim lain baik dari Indonesia maupun negara lain. Sebanyak 16 tim tidak bisa ikut lomba karena tidak lolos technical dan safety inspection.

Tahun ini UPI mengirimkan 2 Tim, pertama Tim Bumi Siliwangi 1 Simha Cetha EV3 urban concept hydrogen di bawah bimbingan Dr. Iwa Kuntadi, M.Pd., kedua Tim Bumi Siliwangi 4 Turangga Cheta EV7 Urban Concept Battery Electric di bawah bimbingan Sriyono, M.Pd. TBS 1 UPI merupakan 1 dari 2 mobil bertahan bakar hydrogen yang mewakili Indonesia di ajang SEM Asia 2019 ini. Sedangkan TBS 4 merupakan mobil listrik generasi ke-7 yang pernah diciptakan oleh mahasiswa UPI. Kegiatan tahun ini sekaligus menandai 10 tahun diselenggarakannya kejuaraan yang menantang para mahasiswa untuk mendesain, menciptakan dan merakit kemudian melombakan beragam mobil hemat energi di lintasan balap.

“Tim Bumi Siliwangi 4 Turangga Cheta EV7 Urban Concept Battery Electric, kembali diuji dalam Driver’s World Championship Asia untuk menentukan perwakilan asia dalam ajang Shell Eco Marathon Dunia dan Driver’s World Championship 2019 yang akan dilaksanakan pada Juli 2019 di London United Kingdom. Diharapkan, TBS UPI bisa mengulang sejarah untuk menjadi juara dunia seperti tahun 2016,” harapnya. (dodiangga), sumber: http://berita.upi.edu/tim-bumi-siliwangi-upi-juara-3-asia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar