Asyiknya Bergabung Dengan Studi Klub Mahasiswa - inifptk.com

inifptk.com

Dari FPTK UPI Untuk Bangsa

Asyiknya Bergabung Dengan Studi Klub Mahasiswa

Senang bergiat di dunia mahasiswa membuat banyak orang mau mengikuti berbagai unit kegiatan-unit kegiatan mahasiswa di kampusnya. Mulai dari Himpunan Mahasiswa, Organisasi Mahasiswa Ekstra, Mahasiswa Pecinta Alam, Studi Klub Mahasiswa, Pegiat Pers Mahasiswa, dan banyak lagi.
Di antara unit kegiatan yang ada di kampus, terdapat sebuah unit kegiatan mahasiswa yang menarik untuk diikuti yaitu Studi Klub Mahasiswa. Studi Klub Mahasiswa ini bisa berbentuk lain dengan nama-nama yang khas seusai bidang kajiannya. Misalnya studi klub kebudayaan, studi klub sosial kemasyarakatan, studi klub seni, studi klub keagamaan, dan lain-lain. Studi klub bisa jadi merupakan bentuk pendidikan alternatif yang berlawanan dengan pendidikan konvensional.
Sebentuk pendidikan alternatif ini bisa berbentuk diskusi-diskusi yang dilakukan di mana saja, diskusi pemikiran kritis, diskusi wacana-wacana pembangunan yang menarik, diskusi lingkungan yang sedang terjadi. Bukan hanya diskusi tetapi banyak juga yang bergerak misalnya melakukan aksi sosial langsung ke tengah-tengah masyarakat, melakukan pendidikan gratis untuk anak-anak terlantar, melakukan aksi penghijauan di lereng-lereng gunung yang gundul, dan masih banyak lagi kegiatan praktik di lapangan sebagai kelanjutan dari pengaktualisasian wacana yang didiskusikan.
Lalu apa saja hal lainnya yang bisa membuat senang bergiat di Studi Klub Mahasiswa? Inilah beberapa hal yang menyenangkan jika kamu bergiat bersama di Studi Klub Mahasiswa:

1. Keluasan Wacana Berpikirmu

Keluasan wacana berpikir (inimagz)

Mahasiswa dituntut berpikir kritis dan mampu berpikir dengan cerdas karena ia akan terjun di masyarakat membangun peradaban yang lebih baik. Dibutuhkan wacana-wacana pembangunan masyarakat yang bernas untuk membangun manusia yang merdeka dan berdaya. Kebutuhan wacana ini beriringan dengan pengetahuan yang memadai. Untuk itu, mahasiswa harus banyak membaca dan berdiskusi dengan sesama mahasiswa lainnya agar pengetahuan yang didapatkannya semakin bertambah setiap hari. Saat diskusi di Studi Klub Mahasiswa, pertukaran ide, wacana, dan argumentasi bisa terjadi dengan baik. Saling tukar menukar pemikiran untuk saling melengkapi satu sama lain. Pengetahuan yang bertambah akan membuat luas pemikiranmu sehingga kamu tidak lagi berpikir sempit ketika menghadapi suatu masalah dalam hidupmu.

2. Kesenangan Membaca Bertambah

Kesenangan Membaca Bertambah (inimagz)

Senangnya berdiskusi harus diiringi juga dengan pengetahuan. Untuk menambah pengetahuan ini, membaca buku adalah salah satu kunci. Bergaul dengan mahasiswa-mahasiswa lain yang senang membaca buku akan membuatmu ketagihan membaca buku. Dari sana kamu akan merasakan nikmatnya membaca buku. Jika mahasiswa senang membaca buku maka tak ada lagi sindiran buat mahasiswa. Membaca buku yang sudah membudaya akan membuat kuat suatu bangsa. Bangsa yang kuat karena rakyatnya senang membaca buku akan mengurangi kegiatan negatif di rakyatnya. Kegiatan negatif seperti bergosip lama kelamaan akan hilang seiring banyaknya orang yang suka membaca buku.

3. Diskusi Yang Intens Membuat Tajam Argumentasi
Berdiskusi asyik (inimagz)

Banyaknya kegiatan diskusi yang dilakukan oleh Studi Klub Mahasiswa dengan bergiliran menyampaikan makalah setiap pekannya, akan membuatmu terlatih untuk menyampaikan ide di depan umum dengan baik. Jika ada yang menyanggah, kemampuan argumentasimu untuk mempertahankan opinimu sangat menentukan. Dengan diskusi, kamu diajak untuk berlatih mengeluarkan pendapat dengan argumentasi yang bernas.

4. Studi Klub Mahasiswa Membuat Sidang Akhir Skripsimu Terasa Mudah
Sidang Skripsmu Jadi Mudah (inimagz)

Menulis makalah sebelum diskusi yang dilakukan selama bergiat di Studi Klub Mahasiswa, membuatmu mudah saat menulis skripsi. Demikian juga dengan diskusi-diskusi yang dilakukan bersama teman mahasiswa akan membuatmu mudah melewati saat-saat sidang akhir kelulusan. Anggap saja hanya berbeda tempat, waktu, dan topik. Jika saat bersama rekanmu terasa santai karena dilakukan sudah pada tahu karakter satu sama lain, nah sekarang anggap dosen penguji itu rekanmu yang akan menguji argumentasi saat diskusi.

Senangnya berdiskusi saat mengikuti studi klub mahasiswa akan kamu rindukan saat kamu kerja dan terpisah jauh dari teman-teman sesama mahasiswa. Bisa jadi beda forum, kamu mungkin akan mengisi forum-forum nasional dan berdiskusi dengan topik yang lebih luas lagi. Demikian juga dengan tempatnya, jika dulu diskusi di DPR (Di bawah Pohon Rindang), bisa jadi kemudian kamu akan berdiskusi di DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) Indonesia, dengan tempat yang lebih nyaman daripada di bawah pohon rindang.

Sumber artikel di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar